BARU 3 BULAN MENJABAT BUPATI KOLAKA TIMMUR KENA OTT KPK - MEDIA PERS INDONESIA
28/11/2021

MEDIA PERS INDONESIA

Integritas Fakta Terpercaya

Home » BARU 3 BULAN MENJABAT BUPATI KOLAKA TIMMUR KENA OTT KPK

BARU 3 BULAN MENJABAT BUPATI KOLAKA TIMMUR KENA OTT KPK

Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur

Media Pers Indonesia – Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Andi diduga melakukan transaksi haram berkaitan dengan dana bantuan dari BNPB.

Terlepas dari itu, Andi diketahui baru 3 bulan resmi menjabat bupati. Sebelumnya, Andi tercatat sebagai Wakil Bupati Koltim.

Bupati sebelumnya, yaitu Samsul Bahri Majid, berpulang karena serangan jantung pada Maret 2021. Padahal saat itu Samsul baru 21 hari menjabat bupati didampingi Andi Merya sebagai wakil bupati.

Dicek dari situs LHKPN KPK, Andi terakhir mencatatkan hartanya sebesar 478.078.198 (juta) yang dilaporkan pada 9 September 2020. LHKPN ini dilaporkan saat dia masih sebagai calon wakil bupati.

Adapun rinciannya Andi memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 90 juta. Selain itu, tercatat Andi memiliki harta bergerak sebesar Rp 374.400.000 (juta).

Andi juga memiliki kas dan setara kas sebesar Rp 13.678.198 (juta). Andi tercatat tidak memiliki utang.

Sebelumnya dikabarkan Bupati Andi diamankan KPK bersama lima orang lainnya, yang salah satunya adalah Kepala BPBD Koltim Anzarullah. Saat ini mereka masih berstatus sebagai terperiksa sebelum nantinya KPK menentukan perihal tersangka dalam OTT ini.

“Siapa pun pelakunya, kami tidak pandang bulu jika cukup bukti karena itu prinsip kerja KPK,” ucap Ketua KPK Firli Bahuri saat dimintai konfirmasi perihal OTT ini, Rabu (22/9/2021).

Pihak-pihak yang diamankan saat ini masih berstatus terperiksa. Mereka menjalani pemeriksaan di Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), baru kemudian diterbangkan ke Jakarta. KPK memiliki waktu 1×24 jam sebelum menentukan status mereka.

@mediapersindonesia

error

Share to: